SAUNG ANGKLUNG UDJO, SEJARAH KESENIAN BANDUNG

Posted on November 10, 2010

0


Tempat wisata yang bertempat di Bandung Timur tepatnya di daerah Padasuka hampir setiap hari dikunjungi oleh wisatawan baik dalam kota Bandung sendiri, ataupun dari luar kota Bandung. Tempat yang mempunyai lahan sekitar 1 hektar itu sangat cocok untuk tempat bersantai juga. Karena Bandung memang kota yang sejuk. Di sisi lain para wisatawan juga bisa membeli buah tangan berupa angklung atau souvenir lainnya yang di buat oleh pengrajin asli Bandung.

Karena tempat ini sangat identik dengan angklung, maka Saung Udjo sekarang sudah mempunyai lebih dari 1000 anak didik yang belajar main angklung di tempat tersebut.

Di kisahkan bahwa angklung tertua di buat di Bnaten. Mempunyai banyak cerita tentang angklung, angklung sendiri menyebar hingga ke Jawa Timur bahkan sampai ke Bali.

Udjo yang bernama asli Udjo Ngalagena, lahir dari keluarga petani yang sangat mencintai musik dan budaya. Udjo sendiri di ajarkan bermain angklung oleh Daeng Soetigna yang menjadi guru di sekolahnya. Dari saat itu Udjo tidak bisa lepas dari yang namanya Angklung.

Angklung di kembangkan oleh Daeng Soetigna waktu dia pindah ke Bandung. Dia selalu mejadi bintang tamu ketika di gedung Asia Afrika mengadakan acara. Daeng di bantu teman-temannya tidak pernah melewatkan waktunya untuk tampil

Tapi karena angklung yang pada waktu itu terbatas, maka Udjo mempunyai otak briliant untuk membuat angklung lebih banyak lagi. Dan di ajarkan kepada orang sekitar agar kebudayaan angklung tidak punah.

(T-1 Dwi Asri)



About these ads
Posted in: Uncategorized