TAMADA, KESENANGAN TAK TERLUPAKAN

Posted on October 12, 2010

0


Tamada adalah tempat rekreasi seluruh keluarga. Berada di jalan Raya Pacet kilo meter 6 Kp. Babakan Cilandak Rt 02 Rw 07 Ds. Cipeujeuh kec. Pacet Kab. Bandung. Luas wilayahnya kurang lebih satu hektar. Tamada ini dikelilingi oleh sawah-sawah dan gunung. Suasananya sangat asri cocok untuk refresing seluruh keluarga.
Tamada menyediakan berbagai wahana yang diperuntukan untuk anak-anak dan dewasa. Dan dijamin anak-anak akan senang.
Biaya masuk arena bermain ini sangat terjangkau yaitu 2500 rupiah, namun belum termasuk penggunaan fasilitas.
Harga untuk wahana berkisar antara 5 ribu sampai 15 ribu.
Wahana-wahana yang ditawarkan diantaranya flying fox dengan tinggi 7 meter, panjangnya 40 meter, kuat tali kurang lebih 1,8 Ton. Wahana ini bisa digunakan oleh anak-anak dan dewasa.
ATV dan Motor cross dengan harga 15 ribu untuk 3 kali putaran. Selanjutnya ada wahana paling baru yang ditawarkan oleh Tamada yaitu camp perjuangan. Wahana ini menggunakan alat-alat yang sedikit modern, dan dirancang untuk membangkitkan keberanian anak-anak. Dalam camp perjuangan terdapat 7 permainan anak dan kesemuanya dirancang agar anak menjadi pemberani. Diantaranya, panjat-panjat, rayap-rapap dan lain-lain.
Selanjutnya sepeda Joly-joly. Alat sepedah ini dirancang oleh tim dari Tamada dan dibantu oleh sarjana lulusan ITB. Ini diperuntukan untuk semua umur, bahkan orang tua pun bisa menggunakannya. Selanjutnya wahana perahu. Perahu ini digunakan hanya untuk anak-anak, bisa berdua atau bertiga. Harganya 10 ribu untuk 30 menit permainan.
Ada juga wahana Traker. Wahana ini perlu penyesuaian untuk pengunjung, karena ini merupakan sepeda yang alat mengayunnya didepan dekat dengan bannya, dan posisinya pun agak mirip. Namun, anak-anak tidak perlu khawatir, karena bisa dibantu oleh pemandunya. Selanjutnya Arena Balita. Wahana ini diperuntukan untuk balita. Didalam wahana ini ada mandi bola, mobil batre, dan sepeda.
Yang terakhir adalah wahana Perosotan, ayunan dan futsal mini. Wahana ini tidak memakai biaya tambahan, pengunjung hanya membayar masuk Tamada, dan bebas memakai wahana ini.
Tamada merupakan tempat rekreasi yang sudah jelas perizinannya. Izin ini merupakan milik pribadi dan telah dipersetujui oleh dinas pariwisaata. Tamada juga mempunyai vila dan kolam renang yang sudah dipersiapkan untuk pengunjung. Untuk vila yang memuat kurang lebih 50 orang. Fasilitanya ada dapur dan kamar mandi, kamar belum disediakan, dengan biaya sehari semalam 300 ribu dan setengah hari 150 ribu belum dengan bayar fasilitas yang lain. Dan kolam renang diperuntukan untuk anak-anak dengan kedalaman 40 centimeter dan satu meter.
Arti dari Tamada itu sendiri ada beberapa, jika menurut orang Padang Tamada artinya “tidak marah” dan menurut bahasa Sunda Tamada itu artinya “minta maaf”. Kata Tamada ini diambil dari nama 2 orang anak perempuan ibu Hilda dan nama ibu Hilda sendiri, yaitu Ita, Ima dan Hilda. Diambil nama akhirnya saja dan menjadi Tamada.
Tamada ini buka pada pukul 7.30 pagi sampai 17.30. Tamada resmi dibuka pada tanggal 19 Agustus 2009. (Penty.Camella)

Posted in: Uncategorized